Penyebab Android Cepat Panas dan Solusi Cara Mengatasinya!

Penyebab Android Cepat Panas dan Solusi Cara Mengatasinya - Seringnya pengguna perangkat genggam seperti perangkat berbasis Android ini mengalami panas yang berlebihan baik itu saat digunakan atau saat disimpan/dikantongi, mungkin anda sendiri sempat bertanya-tanya kenapa perangkat Android yang digunakan cepat panas, apa hal tersebut berpengaruh dari kualitas perangkat Android yang anda gunakan, atau memang akibat penggunaan yang tidak wajar. Mungkin sebagian orang akan berfikir karena memang kualitas perangkat Android tersebut penyebabnya, seperti yang kita ketahui memang perangkat Android ini mempunyai kualitas yang berbeda-beda dan tidak sama.

Penyebab Android Cepat Panas dan Solusi Cara Mengatasinya


Akan tetapi hal tersebut bukanlah anggapan yang paling tepat dalam menghindari gejala panas si robot ijo Android, baik itu saat digunakan atau sedang anda kantongi, nah tahukah anda? Perangkat genggam Android berkelas seperti besutan Samsung misalnya seperti Samsung Galaxy S6 atau dari pengembang ternama lainnya, masih saja ada yang mengeluhkan masalah smartphone Android cepat panas, memang sulit dihindari jika anda memang tidak tahu sama sekali dengan penyebabnya.

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar menurut saya, dan merupakan prilaku normal hampir di semua perangkat elektronik bukan hanya di perangkat genggam berbasis Android saja, dan masalah ini juga dapat anda rasakan di perangkat sejenis lainnya, misalkan iOS, Windows bahkan OS Blackberry, panas ini kebanyakan dihasilkan pada saat smartphone di gunakan, ya memang hal ini merupakan hal yang paling mempengaruhi penyebab smartphone Android yang di gunakan cepat panas.

Aktifitas yang anda lakukan pada saat menggunakan smartphone ini termasuk penyebab dari cepat panasnya smartphone yang anda gunakan, dan solusi permasalahannya pun dapat anda bereskan dalam segi pemakaian smartphone tersebut, aktivitas secara terus menerus yang melibatkan smartphone Android yang anda gunakan misalanya seperti bermain game, bersosial media, menonton video, aktifitas lainnya yang melibatkan jaringan internet misalkan menggunakan GPS saat berpergian atau aktifitas lainnya, nah dari semua itu tanpa control anda sendiri dapat menjadi penyebab smartphone Android anda cepat terkena panas yang berlebihan.

Mungkin bukan dalam hal itu saja, ada beberapa penyebab lainnya yang mempengaruhi perangkat genggam Android cepat panas, nah maka dari itu saya akan mencoba membagikan beberapa solusi untuk mengatasi gejala panas di perangkat genggam berbasis Android, atau bisa anda terapkan juga di perangkat genggam lainnya selain OS Android, dan sebelum itu semoga saja beberapa solusi atau cara menghindari smartphone cepat panas ini dapat membantu sobat Gingerdroider semua.

Oke, langsung saja berikut ini beberapa Penyebab Android Cepat Panas dan Solusi Cara Mengatasinya!.

1. Hindari Panas.
Hindari interaksi dari luar yang dapat menyebabkan smartphone panas, misalnya seperti penyimpanan yang salah, seperti menyimpan ditempat yang terkena matahari secara langsung, atau menyimpan di atas TV, atau benda-benda lainnya yang dapat mengeluarkan hawa panas, usahakan untuk menghindari semua itu yang saya maksudkan.


2. Hindari Penggunaan Saat di Charge.
Hindari penggunaan saat smartphone anda tengah dalam proses pengisian baterai atau sedang proses charge, selain dapat menyebabkan smartphone cepat panas, hal ini juga dapat mempercepat umur baterai, maka dari itu usahakan untuk menghindari penggunaan saat proses pengisian baterai.


3.Matikan Koneksi Internet.
Menggunakan fasilitas internet di smartphone Android, termasuk hal yang terbilang harus bahkan ada pepatah dari para pengguna smartphone ini yaitu “Android tanpa internet, bukanlah apa-apa” tapi ini hanya sekedar pepatah guyonan saja, bukan berarti keadaan “Offline” sistem operasi Android tidak asik sama sekali, namun memang benar, Android ini sangat dianjurkan dalam keadaan “Online” untuk menggunakan aktifitas – aktifitas yang membutuhkan koneksi internet, tapi tahukah anda? Bahwa penggunaan internet secara terus menerus dapat mempengaruhi perangkat Android cepat panas.

Hal ini memang terbukti bahwa dalam penggunaan internet secara terus menerus, apalagi dibarengi dengan penggunaan yang terus menerus dapat menyebabkan gejala panas yang berlebihan di smartphone berbasis Android, tidak hanya itu hal ini juga mempengaruhi penggunaan baterai lebih cepat habis atau boros, maka dari itu perlu kontrol dari anda sendiri dalam mengatasi masalah ini, setidaknya matikan koneksi internet atau wi-fi saat tidak digunakan, sehingga dapat menghindari masalah smartphone Android cepat panas.

4. Kontrol Penggunaan Aplikasi dan Konektivitas.
Hentikan aplikasi – aplikasi dengan benar setelah penggunaan, terkadang aplikasi yang anda tutup tidak benar – benar berhenti sepenuhnya, aplikasi tersebut masih berjalan di background atau di latar belakang, lalu tidak hanya aplikasi fitur konektivitas yang telah di sediakan oleh ponsel pintar ini juga harus anda perhatikan, misalnya matikan Bluetooth, Wi-Fi, Infrared, GPS, dan lain sebagainnya, saat tidak digunakan atau diperlukan karena dengan membiarkan hal – hal tersebut dapat mempengaruhi smartphone Android cepat panas dan tidak hanya itu jika perangkat Android anda mempunyai kapasitas RAM sangat minim, dapat menyebabkan Android anda berat karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.


Catatan : Untuk pengguna sistem operasi Android non-root dapat menggunakan fitur “Force Stop” untuk menghentikan aplikasi secara paksa atau sepenuhnya, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sedangkan untuk pengguna sistem operasi Android sudah dalam kondisi root, dapat menggunakan aplikasi – aplikasi khusus untuk menghentikan aplikasi sepenuhnya dengan otomatis setelah tidak digunakan, misalnya seperti aplikasi Greenify, Task Killer, dan aplikasi pihak ketiga lainnya.

5. Hindari Pemasangan Casing Tambahan.
Banyak kasus dalam penggunaan casing yang sangat berlebihan, juga dapat mempengaruhi perangkat Android cepat panas, misalnya membekap dengan casing tambahan untuk mempercantik tampilan fisik smartphone anda, lalu dibarengi dengan penggunaan secara terus menerus, dan menyimpan di tempat yang menghasilkan hawa panas, tentu saja ini mempengaruhi penyebab smartphone cepat panas, maka dari itu gunakan casing sewajarnya untuk sekedar pengamanan, selain dapat menyebabkan smartphone Android cepat panas juga hal ini dapat mengurangi kekuatan sinyal perangkat Anda dalam berkonektivitas.


6.Hindari “Overclock”.
Istilah Overclock yang sering anda temui dalam sistem operasi Android merupakan istilah mempercepat kinerja smartphone melebihi batas standar kecepatan smartphone tersebut, sehingga kinerja smartphone Android melebihi batas normalnya, akan tetapi hal ini mempengaruhi smartphone itu sendiri misalnya seperti dalam penggunaan daya baterai yang sangat boros dan tentu saja mempengaruhi cepat panasnya kondisi smartphone.


7.Istirahatkan Ponsel Kesayangan.
Jika masalah smartphone cepat panas sering menghampiri anda karena memang anda sendiri merupakan salah satu orang yang sangat aktif dalam menggunakan perangkat genggam berbasis Android atau perangkat genggam dengan OS lainnya, maka lebih baik sesekali lakukan istirahat atau lebih tepatnya ademkan ponsel kesayangan anda sejenak.
Misalnya seperti mematikan smartphone, melepas casing, baterai, simcard, dan kartu memori untuk beberapa saat lalu pasang kembali seperti semula sekiranya keadaan ponsel tersebut sudah normal, lalu biasakanlah melakukan charge dalam kondisi ponsel mati, sehingga cara ini juga dapat menghindari ponsel kesayangan dari serangan cepat panas.


Nah, mungkin itu saja beberapa solusi yang dapat saya sampaikan, untuk menghindari penyebab smartphone berbasis Android cepat panas, semoga dengan beberapa solusi tersebut dapat meminimalisir masalah cepat panas, dan anda dapat menggunakan ponsel pintar kesayangan anda dengan nyaman.

Catatan : Jangan menyepelekan masalah panas pada smartphone anda, karena beberapa media mengabarkan bahwa banyaknya kejadian – kejadian yang berakibat fatal, baik itu terhadap pengguna atau pada ponsel kesayangan anda, karena seperti yang dikabarkan terdapat beberapa kejadian yang berhubungan dengan smartphone, misalnya seperti ponsel meledak, terbakar, dan kejadian lainnya, yang dapat merugikan anda sendiri, ini bukan hanya diperangkat dengan OS Android saja, melainkan OS lainnya seperti iOS, Windows dan OS lainnya.

Maka dari itu gunakan dengan hati-hati dan jangan menyepelekan hal sekecil apapun, dengan contoh menyepelekan smartphone cepat panas, karena hal tersebut mungkin saja perangkat dapat terbakar bahkan meledak jika memang panas sudah diluar batas normal, cobalah solusi diatas untuk menghindari penyebab smartphone Android cepat panas, dan gunakan ponsel sewajarnya dengan kontrol yang baik dan teratur.

Oke, semoga saja artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya dan membantu permasalahan dalam penggunaan ponsel pintar berbasis Android, terima kasih telah menyempatkan untuk mengunjungi dan melihat atau membaca blog yang saya kelola ini, jika berkenan bantu share ya sobat Gingerdroider. Terima kasih.
0 Komentar untuk "Penyebab Android Cepat Panas dan Solusi Cara Mengatasinya!"
Back To Top