Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Cepat

Hallo sobat GingerDroider, masih pada sehat kan? kelihatannya memang iya, buktinya masih nongkrong aja di depan komputer/smartphone, asal nebak aja sih, tapi mudah - mudahan sehat selalu ya sobat sekalian, oke pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Tips Mempercepat Sambungan Internet di Android, agar lebih lincah tidak lemot atau lambat, pada smartphone berbasis Android internet lambat enggak banget kayaknya, misalkan lagi asik browsing koneksi internet malah putus - putus dan akhirnya disconnect, haduh hal yang paling bikin badmood pemirsa dirumah.

Smartphone Android, ponsel pintar embah google ini sangat menarik sekali, tidak hanya di sandang sebagai perangkat genggam multifungsi, bahkan ponsel yang satu ini merupakan smartphone yang sangat populer disemua kalangan, entah itu anak muda, orang dewasa, bahkan anak - anak labil pun sudah banyak yang menggunakan perangkat genggam yang satu ini, dengan banyaknya vendor - vendor yang menawarkan banyak pilihan dan menyediakan banyak pilihan spesifikasi yang menggiurkan, yang dapat membuat orang tergoda dan tergila - gila pada smartphone yang satu ini.

Bagaimana tidak tergoda, makin kesini teknologi yang di miliki ponsel pintar dengan sistem operasi Android ini semakin mantap, semakin membuat para pecinta gadget tergiur oleh kekeceannya, mau foto? hasil mantap, selfie - selfie gitu juga mantap, main game online? mantap, internetan? sosial media  sudah pasti mantap juga, akan tetapi tidak semua vendor gadget menyediakan spesifikasi yang sangat handal, dari semua jenis gadget yang dijual di pasaran, semua mempunyai spesifikasi berbeda - beda sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Namun dari semua jenis smartphone, dengan spesifikasi apapun smartphone Android ini sudah terbilang lumayan, karena kenapa? jika anda mempunyai smartphone Android dengan spesifikasi di bawah rata - rata mantap, tapi anda masih dapat merasakan multifungsional hh (handheld) yang satu ini, hanya saja dari segi kepuasan sangat jauh beda, terutama dari hal jaringan yang disediakan, tidak semua perangkat genggam Android menyediakan jaringan super cepat yaitu seperti jaringan 3G/HSDPA atau 4G LTE jaringan baru dan hanya beberapa smartphone saja yang mendukung jaringan tersebut.

Lalu bagaimana jika smartphone Android anda hanya mendukung jaringan Edge? sedangkan edge itu setara GPRS jika di handphone jenis java, tentu sangat tidak tahan jika digunakan untuk melakukan kegiatan - kegiatan di dunia maya bukan? tapi tenang saja karena semakin kesini, semakin banyak sekali vendor yang menyediakan smartphone dengan spesifikasi tinggi namun harga sangat terjangkau atau terbilang murah, mau tahu smartphone Android apa saja? anda dapat melihat nya di artikel saya yang satu ini, Harga Smartphone Android Murah Spesifikasi Tinggi.

Oke kembali ke pembahasan utama, yaitu tentang koneksi internet yang lemot atau lambat, memang sering sekali membuat jengkel, jujur saja saya pun seperti itu, karena aktifitas anda nantinya akan terganggu, misalkan anda sedang melakukan kegiatan di media sosial, misalkan di BBM atau LINE, sedang asik - asiknya chatting, eh tiba - tiba saja sambungan internet menjadi lambat, masih mending lambat bagaimana jika terputus sambungan internetnya, dan terpaksa anda harus terhenti sejenak chatting dengan lawan chat anda, kesal pasti bete iya dan akhirnya anda mulai mencacimaki provider yang anda gunakan! ah ngaku aja, sering gitu kan? hehe.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Cepat


Karena masalah sambungan internet ini, mempunyai peran yang sangat penting, khususnya di smartphone berbasis Android, apalah artinya sebuah smartphone Android jika tidak dapat berseluncur di dunia maya atau internet, aktifitas - aktifitas di Android kebanyakan membutuhkan sambungan internet agar lebih maksimal, misalnya melakukan pembaharuan system (system update), mengunduh aplikasi di Google Playstore, menggunakan fitur system seperti GPS, Thetring Hotspot dan masih banyak lagi yang lainnya, belum lagi penggunaan aplikasi umum yang digunakan oleh anda.

Main game online (permainan yang membutuhkan sambungan internet), hal yang tidak boleh di lupakan oleh para pengguna gadget yaitu memainkan game online lalu menggunakan aplikasi sosial media seperti Blackberry Messenger, LINE, Whatsapp, Wechat, Instagram, Facebook, Twitter, dan aplikasi sosial media lainnya, nah semua itu membutuhkan koneksi internet, jika tidak adanya sambungan internet maka aktifitas semua yang saya sebutkan diatas tidak dapat berfungsi atau tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, jelas saja karena semua mewajibkan untuk menggunakan sambungan internet agar dapat mengakses aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut, anda tidak perlu khawatir karena di artikel ini saya akan mencoba memberikan beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet agar lebih lincah saat digunakan kegiatan internetan, akan tetapi provider dan wilayah yang anda tinggali ikut mempengaruhi sambungan internet cepat atau tidaknya, jadi lihat keadaan anda sendiri, apakah posisi anda sangat mendukung jaringan super cepat atau memang posisi anda tidak tepat untuk merasakan koneksi super cepat tersebut.

Oke langsung saja berikut ini beberapa tips mempercepat sambungan internet Android agar lebih cepat :

Tips Pertama :
Hentikan sebagian aplikasi yang berjalan di latar belakang (Background), hal yang perlu anda ketahui adalah berpengaruhnya aplikasi - aplikasi yang berjalan di latar belakang terhadap kecepatan internet smartphone Android yang anda gunakan, karena kenapa? aplikasi yang berada di latar belakang itu masih aktif, contoh anda menggunakan BBM nah terus anda menutup aplikasi BBM tersebut, walapupun aplikasinya sudah di tutup tapi aplikasi tersebut tetap berjalankan?.

Lalu jika anda sedang melakukan kegiatan yang berhubungan dengan internet, maka anda terpaksa harus membagi jatah sambungan internet dengan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut, kemudian bagaimana jika anda mempunyai banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi internet? dan semua aplikasi tersebut berjalan di latar belakang (Background) smartphone Android anda, terbayangkan berapa koneksi internet yang harus anda bagi ke setiap aplikasi tersebut, maka dari itu akhirnya anda akan dihadapkan dengan koneksi yang sangat lambat atau lemot sepeti keong racun.

Kemudian bagaimana cara mengatasinya?, caranya mudah anda hanya perlu menghentikan aplikasi - aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut dengan masuk ke pengaturan (Settings) lalu masuk ke manager aplikasi (Application Manager), sekarang lihat pada bagian aplikasi yang berjalan di latar belakang, lalu anda hentikan aplikasi tersebut dengan menggunakan fitur, hentikan paksa (Force Stop) dengan begitu aplikasi tersebut sudah berhenti dan tidak akan berjalan di latar belakang, selain dapat mempercepat koneksi internet anda, cara ini juga dapat mempercepat kinerja smartphone Android kesayangan sobat GingerDroider.

Tips Kedua :
Gunakan Provider yang tepat, gunakan lah provider yang mampu mencakup seluruh wilayah di indonesia, bahkan sampai ke pelosok - pelosok, dan mempunyai jaringan yang sangat kuat, sehingga dapat di andalkan dimanapun dan kapanpun anda berada.

Tips Ketiga :
Gunakan Access Point Name (APN) provider yang tepat, katanya sih dengan mengganti APN atau Access Point Name ini dapat mempengaruhi kecepatan internet di smartphone Android, akan tetapi anda juga perlu tahu bahwa saat hendak anda mengganti APN, APN yang digunakan harus sesuai juga dengan provider yang anda gunakan, misalkan anda menggunakan provider telkomsel lalu gunakan APN telkomsel begitu juga dengan provider yang lainnya. Untuk mengganti APN sobat dengan APN yang mampu memberikan kecepatan internet yang bagus, silahkan sobat coba cari di mesin pencari Google dengan kata kunci, daftar APN untuk mempercepat koneksi internet Android.

Tips Keempat :
Gunakan 3G Only atau WCDMA Only, ini hanya untuk mengatur jaringan yang anda gunakan saja, agar konsisten di satu jaringan misalkan hanya di jaringan 3G saja, akan tetapi untuk mengganti ke 3G only juga membutuhkan dukungan dari tempat atau wilayah yang anda tempati, karena kenapa? karena sebagian daerah - daerah belum mencakup jaringan 3G atau masih kurang kuat untuk digunakan, saya sendiri pun lebih suka menggunakan 2G/3G (Otomatis), karena dengan pengaturan ini disaat 3G tidak dapat di jangkau oleh perangkat Android yang anda gunakan, lalu secara otomatis akan di alihkan ke jaringan 2G, dan dengan pengaturan ini tentunya dapat membantu anda dalam penggunaan jaringan internet, karena anda tidak akan terputus sambungan saat digunakan.

Nah, begitulah cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android, semoga saja artikel yang saya buat dan saya publikasikan ini dapat membantu sobat GingerDroider semua, khususnya bagi para pembaca blog ini yang memang benar - benar membutuhkan suatu cara untuk mempercepat koneksi internet, kurang lebih nya hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, sampai jumpa lagi di artikel yang akan datang, see you.
0 Komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Cepat"
Back To Top