Cara Menghemat Penggunaan Baterai Android

Hallo sobat GingerDroider, selamat pagi semoga sehat selalu ya! kali ini admin GingerDroider akan membahas sedikit tentang bagaimana Cara Menghemat Penggunaan Baterai Android, salah satu perangkat genggam yang memiliki sistem operasi Android, ponsel pintar yang satu ini memang sangat populer bahkan menjamur hingga ke-penjuru dunia.

Tidak heran, karena ponsel pintar ini menyediakan fitur-fitur menarik didalamnya, dan tentunya sangat berguna di jaman yang semakin modern seperti sekarang ini, namun masih ada keluhan-keluhan dari sebagian penggunanya, misalnya seperti yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini.

Yaitu, boros nya penggunaan baterai pada perangkat Android, jujur saja menurut saya sendiri ini memang hal yang biasa dan dapat dimaklumi, karena memang ponsel cerdas yang satu ini beda dari perangkat genggam seluler lainnya, yang memang berbeda dari segi spesifikasi dan performa, karena dengan menggunakan ponsel cerdas Android, anda dapat melakukan berbagai macam hal.

Maksudnya tidak hanya menggunakan fasilitas SMS dan Telepon saja, misalnya memainkan Permainan dengan berbagai macam kualitas layar dan berbagai macam kategori, dan banyaknya aplikasi-aplikasi Sosial Media, seperti BBM, Instagram, Messenger, Line, Whatsapp dan lain sebagainya, ada pula aplikasi Kamera, Pemutar Video, Pemutar Musik yang berbeda-beda fiturnya, dan masih banyak lagi kategori aplikasi lainnya, dan semua itu dapat dengan mudah didapatkan di Google Playstore, market resmi perangkat genggam Android.

Belum lagi fitur-fitur yang ada didalamnya, seperti GPS, Wi-Fi, mengatur rotasi layar sesuai gravitasi dan fitur lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu per-satu, nah semua itu mempengaruhi juga terhadap penggunaan baterai, dan berapa kapasitas baterai yang mampu menjalankan perangkat genggam berbasis Android, seperti yang saya sebutkan diatas bahwa ponsel yang satu ini berbeda dari ponsel lainnya.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan baterai disaat menggunakan perangkat genggam berbasis Android ini? oke langsung saja, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini Cara Menghemat Penggunaan Baterai Android, mudah-mudahan dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

Cara Menghemat Penggunaan Baterai Android

Cara Menghemat Penggunaan Baterai Pada Android :

1.Matikan Sambungan Data (Data Connection)
Hal yang harus di perhatikan oleh sobat GingerDroider, yaitu disaat menggunakan atau menyambungkan data internet, hal ini akan menyebabkan kerugian terhadap kapasitas baterai yang digunakan, karena ke-tidak stabilan sambungan data yang secara terus menerus melakukan pencarian sinyal terbaik dimanapun, dan akan menguras penggunaan baterai, maka dari itu gunakan seperlunya, maksudnya jika memang sedang tidak digunakan, alangkah baiknya matikan terlebih dahulu sambungan data pada perangkat android yang anda gunakan, sehingga dapat memperlambat nyawa baterai pada saat digunakan.

2.Matikan Fitur GPS (Global Positioning System)
GPS ini merupakan system navigasi yang menggunakan satelit, yang dapat menunjukan lokasi secara akurat di seluruh dunia, serta menunjukan informasi jam dan keadaan cuaca bahkan di seluruh dunia, GPS ini memang sangat berguna bagi para pengguna smartphone karena dengan adanya GPS anda akan di mudahkan dalam hal melacak lokasi, akan tetapi penggunaan GPS ini terbukti akan menguras penggunaan baterai, sehingga baterai akan cepat habis, karena hal tersebut pergunakanlah disaat memang benar-benar dibutuhkan dan matikan kembali setelah penggunaan sehingga baterai akan lebih awet dan tidak boros.

3.Atur Kecerahan Layar
Kurangi kecerahan layar, karena jika terlalu terang dapat mempengaruhi penggunaan baterai tidak hanya itu hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan mata, dan atur batas waktu redup sesuai kebutuhan anda, jangan terlalu lama minimal 1 menit sehingga pada saat perangkat Android anda ditinggalkan dalam keadaan layar menyala, otomatis layar akan redup dalam waktu yang telah ditentukan sehingga cara ini efektif untuk menghemat baterai pada perangkat berbasis Android.

4.Matikan Fitur Sinkronisasi (Sync)
Dengan menggunakan fitur ini, anda akan dipermudahkan untuk melihat notifikasi-notifikasi dari berbagai macam akun yang anda gunakan, misalnya aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Gmail dan lain sebagainnya, namun dengan mengaktifkan fitur ini akan mempengaruhi  penggunaan baterai, jadi jika memang sedang tidak diperlukan lebih baik dimatikan, akan tetapi jika fitur ini dimatikan anda tidak dapat menerima notifikasi atau pemberitahuan langsung dari aplikasi tersebut, hal ini tidak terlalu mempengaruhi buka saja aplikasinya untuk melihat pemberitahuan.

5.Matikan Wi-Fi dan Bluetooth
Menggunakan fasilitas Wi-Fi memang sangat berguna sekali, selain cepat dalam berseluncur didunia internet, ini juga dapat menghemat penggunaan data seluler dan seiring perkembangan, fasilitas Wi-Fi ini sangat mudah ditemukan di area-area yang memang menyediakan fasilitas hotspot dari yang gratis hingga berbayar, namun mengaktifkan Wi-Fi secara terus menerus akan mempengaruhi penggunaan baterai, karena perangkat anda akan terus mencari dan menangkap sinyal Wi-Fi. begitu juga dengan Bluetooth, salah satu media pengirim data antar perangkat ini sebaiknya di non-aktifkan jika sedang tidak digunakan, karena hal ini juga mempengaruhi penggunaan baterai.

6.Hentikan Aplikasi Sepenuhnya
Maksudnya, menghentikan aplikasi secara paksa (Paksa Berhenti) karena aplikasi-aplikasi yang telah digunakan, masih tetap berjalan dilatar belakang (Background) walaupun aplikasi tersebut sudah ditutup, cara ini dapat anda temukan pada bagian pengaturan aplikasi, jika anda salah satu pengguna perangkat yang sudah mempunyai hak akses root, maka anda dapat menggunakan aplikasi Greenify guna untuk menghibernasi aplikasi yang sudah ditutup secara otomatis, cara ini selain dapat menghemat penggunaan baterai, cara ini juga dapat mengoptimalkan penggunaan  RAM pada perangkat Android yang anda gunakan.

7.Jangan Install Aplikasi Penghemat Baterai
Maaf untuk cara ini tidak terlalu saya sarankan, karena manusia itu mempunyai pendapat masing-masing, jadi kembali ke diri sendiri saja, kenapa saya tidak menyarankan pemasangan aplikasi penghemat baterai Android, karena menurut saya sendiri aplikasi tersebut tidak terlalu berpengaruh, malah akan menambah kapasitas penggunaan RAM pada perangkat android anda, dan menambah daftar aplikasi yang terpasang, semakin banyaknya aplikasi juga mempengaruhi penggunaan baterai pada perangkat Android anda.

Mungkin itu saja yang dapat saya bahas di artikel Cara Menghemat Baterai Android dan kurang lebih nya seperti itu tips dan cara untuk menghemat baterai pada perangkat genggam dengan sistem operasi Android, semoga artikel diatas sangat membantu dan bermanfaat untuk sobat GingerDroider, mohon maaf jika ada kekurangan baik itu dalam segi penulisan atau dalam hal lainnya.

Jika artikel yang saya publikasikan memang sangat bermanfaat, tolong bantu bagikan artikel ini ya! terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk mengunjungi dan membaca artikel di blog ini.
0 Komentar untuk "Cara Menghemat Penggunaan Baterai Android"
Back To Top