Berbagai Cara Untuk Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Tidak Terbaca Komputer

Flashdisk, merupakan salah satu alat media penyimpanan data yang sangat praktis yang berguna bagi semua umat manusia di zaman yang semakin modern seperti saat ini, serta flashdisk ini mempunyai fisik yang sangat kecil, sangat imut sehingga mudah untuk dibawa ke mana - mana, dan mempunyai aneka ragam tampilan fisik serta beraneka ragam ukuran memory yang disediakan dari 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB serta ukuran lainnya, banyak sekali keuntungan - keuntungannya dan banyak kegiatan yang bergantung terhadap flashdisk. misalnya menyimpan file - file penting yang akan di gunakan pada saat - saat tertentu, seperti tugas kuliah atau sekolah, software untuk perangkat komputer, file backup, foto maupun video dan lain sebagainya.

Akan tetapi ada sesuatu masalah yang sering di jumpai oleh segelintir orang pada saat menggunakan flashdisk, misalnya seperti flashdisk tidak dapat terbaca oleh perangkat komputer ataupun laptop, file yang ada di flashdisk utuh namun tidak dapat digunakan, atau bisa saja kerusakan lainnya, mungkin ini sudah menjadi hal yang biasa karena tidak sedikit orang yang mengalaminya, banyak sekali yang mengalami kerusakan flashdisk namun ada beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaikinya, seperti yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini, asalkan bukan kerusakan fisik.

Ada beberapa penyebab kerusakan yang perlu anda ketahui, kenapa flashdisk yang anda miliki bisa mengalami kerusakan, jika penyebab kerusakan flashdisk terjadi pada bagian fisik, mungkin anda harus beralih dari artikel yang saya buat ini lalu menggerakan tubuh anda untuk beranjak memperbaikinya ke tempat service, atau membeli flashdisk baru, karena kerusakan fisik merupakan kerusakan yang cukup parah, sudah seharusnya flashdisk tidak akan berfungsi lagi karena rangka dalam sudah tidak mendukung lagi untuk mengakses sambungan ke port komputer ataupun laptop lebih jelasnya kerusakan fisik pada flashdisk mengakibatkan tidak berfungsinya flashdisk tersebut.

Lalu ada lagi penyebab lainnya, seperti masalah pada Driver USB komputer maupun laptop yang anda gunakan, sehingga flashdisk yang anda sambungkan ke perangkat komputer atau laptop tidak dapat terbaca/terdeteksi hal ini masih dapat di akali dan akan saya bahas cara memperbaikinya, adalagi kerusakan lainnya, misalnya seperti kerusakan pada Port USB (tempat dimana flashdisk disambungkan) coba anda sambungkan ke Port USB lainnya atau coba di perangkat komputer atau laptop lain, jika memang di komputer lain dapat terbaca, maka flashdisk yang anda miliki tidak mempunyai masalah/kerusakan, hanya saja kerusakan pada Port USB perangkat komputer atau laptop yang anda gunakan.

Sebenarnya banyak sekali penyebab terjadinya kerusakan pada flashdisk, tergantung orang - orang yang mengalaminya, jika memang ingin mengetahui lebih jelas tentang penyebab kerusakan - kerusakan yang ada pada flashdisk maka anda harus bertanya ke orang teknisi yang memang sangat mengetahui seluk - beluk kerusakan terhadap flasdisk, dengan begitu anda akan tahu lebih jelas tentang kerusakan pada flashdisk yang anda miliki, lain lagi jika anda hanya melakukan pencarian di google dan tersesat di blog saya ini, maka penyebab kerusakan tidak akan terlihat jelas bukan?, akan tetapi saya mempunyai beberapa cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut, sebaiknya anda coba dulu cara - cara dibawah ini, jika memang tidak berhasil maaf saja silahkan tanya si amang - amang teknisi.

Berbagai Cara Untuk Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Tidak Terbaca Komputer


Oke langsung saja berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, corrupt, error, rusak dan lain sebagainnya :

Cara Pertama :
Jika masalah kerusakan hanya terdapat pada Driver USB maka anda hanya perlu melakukan cara ini.
1.Sambungkan flashdisk ke perangkat komputer atau laptop.
2.Sekarang buka "Control Panel" di komputer/laptop anda.
3.Click "Add Hardware"  lalu Click "Next"
4.Silahkan pilih "Yes, i have already connected the hardware".
5.Selesai.

Catatan : Dengan melakukan hal tersebut biasanya USB Driver sudah dapat mengenali flashdisk yang anda sambungkan.

Cara Kedua :
Jika kerusakan flashdisk masih tergolong kerusakan ringan maka cara ini merupakan cara yang paling tepat untuk memperbaikinya, dengan menggunakan fitur windows yaitu fitur "Check Disc".
1.Sambungkan flashdisk ke port usb perangkat komputer/laptop yang anda gunakan.
2.Pada komputer, masuk ke "Windows Explorer".
3.Lalu klik kanan pada drive flashdisk.
4.Pilih "Properties" lalu pilih "Tools" sekarang click "Check Now".
5.Beri tanda centang di kedua opsi ini "Automatically fix file system errors" dan "Recovery of bad sectors".
6.Tunggu proses hingga selesai.

Cara Ketiga :
Jika cara diatas sudah dilakukan, namun masih tidak ada perubahan, berarti flashdisk yang anda miliki sudah naik jabatan dari kerusakan ringan menjadi kerusakan sedang.
1.Sambungkan flashdisk ke perangkat komputer/laptop.
2.Lalu pada komputer, click "Start" kemudian pilih "Run".
3.Sekarang ketik "compmgmt.msc" tanpa tanda kutip, tekan enter.
4.Setelah itu akan terlihat sebuah jendela baru yang bernama "Computer Management".
5.Pilih "Storage" lalu pilih "Disk Management"
6.Kemudian flashdisk akan terdeteksi.
7.Klik kanan di flashdisk lalu pilih "Create Partition"
8.Klik kanan lagi, pilih "Format"
9.Selesai.

Cara Keempat :
Jika cara di atas masih belum mempan, coba gunakan cara ini, menggunakan perintah CMD.
1.Sambungkan flashdisk ke perangkat komputer/laptop.
2.Buka CMD, dengan cara klik "Start" pilih "Run" Ketik "CMD" lalu tekan enter.
3.Kemudian lihat di windows explorer, drive flashdisk anda berada di lokasi mana, jika flashdisk anda berada di drive H maka tulis H di cmd, jika G maka tulis G.
4.Sekarang di cmd, ketik "FORMAT H:/FS:FAT" tekan enter.
5.Selesai.

Cara kelima :
Jika flashdisk anda tidak mempan saat di format atau tidak dapat di format, kemungkinan flashdisk anda terdapat write protected semacam keamanan, lalu anda harus menghilangkannya agar flashdisk anda dapat di format tanpa ada masalah.
1.Pada komputer klik "Start" lalu pilih "Run"
2.Kemudian ketik "Regedit" tanpa tanda kutip lalu tekan enter.
3.Nanti akan muncul jendela baru, nah disini lakukan pencarian atau anda dapat mencarinya dengan mudah, dengan cara tekan CTRL + F untuk melakukan perintah pencarian, kemudian ketik write protected di kolom pencarian tersebut.
4.Jika sudah ketemu, hapus "write protected" tersebut.
5.Selesai.

Cara Keenam :
Masih belum berhasil juga, berarti kerusakan flashdisk yang anda miliki sudah naik jabatan lagi hehe, coba cara berikut ini.
1.Sambungkan flashdisk ke komputer/laptop yang anda gunakan.
2.Download software "HDD Low Level Format".
3.Jika sudah, install lalu jalankan software tersebut.
4.Pilih tipe "USB" kemudian pilih "Continue".
5.Tunggu proses hingga selesai, jika perlu lakukan format ulang dengan cara biasa (tanpa bantuan software).

Cara Ketujuh :
Masih belum mempan juga saudara - saudara, ayo lakukan cara berikutnya, semoga saja bisa tuntas permasalahannya.
1.Sambungkan flashdisk ke port USB perangkat komputer/laptop yang anda gunakan.
2.Download software "HP Drive Key Boot Utility Quick Format".
3.Jika sudah, install lalu jalankan perangkat lunak tersebut.
4.Pilih tipe FAT/FAT32.
5.Kemudian pilih "Quick Format" lalu pilih "Create new or replace existing configuration".
6.Selesai.

Cara Kedelapan :
Cara yang terakhir jika semua cara diatas tidak mempan untuk memperbaiki kerusakan pada flashdisk anda, simak berikut ini.
1.Seperti biasa, sambungkan flashdisk melalui port USB pada perangkat komputer/laptop yang anda gunakan.
2.Download perangkat lunak (Software) berikut ini, "USB Device Viewer".
3.Install lalu jalankan perangkat lunak tersebut.
4.Nanti akan terdeteksi beberapa device yang tersambung, misalnya, seperti mouse, modem dan lain sebagainya, jika ingin sekedar memastikan anda dapat melakukan cara, pilih USB Mass Storage kemudian lepas lalu sambungkan kembali.
5.Sekarang simpan atau salin "ID Vendor" dan "ID Product" sesuai merk tipe flashdisk yang anda gunakan.
6.Lalu buka browser dan masukan alamat situs ini (Klik di sini)
7.Setelah masuk halaman situs iFlash, sekarang masukan ID yang barusan anda simpan atau salin, ID Vendor ke "VID" sedangkan ID Product ke "PID" terus tekan enter pada keyboard.
8.Nanti akan terlihat beberapa hasil, nah salin nama alat atau tools tersebut di pencarian google.
9.Nanti anda mendapatkan hasil pencarian, berupa alamat situs yang menyediakan, alat khusus untuk memperbaiki kerusakan pada IC flashdisk, download alat tersebut dan gunakan seperlunya.
10.Selesai.

Seperti itulah cara memperbaiki kerusakan pada flashdisk yang saya ketahui, semoga dengan beberapa cara diatas, masalah kerusakan pada flashdisk yang dialami oleh sobat GingerDroider dapat teratasi, jika memang semua cara diatas tidak ada yang berhasil untuk mengatasi kerusakan flashdisk yang anda miliki, maka anda harus menemui si amang - amang teknisi untuk mengeksekusi flashdisk anda yang sedang mengalami kerusakan tersebut, jika amang - amang teknisi angkat tangan juga, maka cara lain yang harus anda lakukan yaitu melakukan ritual LEM BIRU (Lempar Lalu Beli Yang Baru).
0 Komentar untuk "Berbagai Cara Untuk Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak Tidak Terbaca Komputer"
Back To Top